Wisata Teluk Ijo (Green Bay) Banyuwangi – Pusat Informasi

Pantai teluk ijo yang sering disebut “Green Bay” merupakan salah satu pantai yang berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini masih rangkaian dari pantai Pulau Merah dan pantai selatan lainnya.

Pantai teluk ijo menyuguhkan keindahan alam yang eksotis dari air lautnya yang kehijauan, pasir putihnya yang lembut, air terjun setinggi 8m, dan pemandangan karang yang indah membuat daerah ini menjadi tujuan wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Di pantai ini masih terjaga keasriannya, untuk menjaganya tidak ada penjual-penjual layaknya di pantai-pantai lainnya dan tidak diperbolehkan mendirikan tenda untuk bermalam di kawasan teluk ijo. Selain itu, ada pertimbangan faktor keamanan, kawasan ini adalah habitat hewan liar seperti rusa dan macan tutul. Ternyata tidak hanya keindahan alamnya yang dapat dinikmati, di Teluk Ijo juga masih banyak monyet yang bermain di sekitar pantai. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Teluk Ijo hati-hati dengan barang bawaan karena bisa saja monyet-monyet mengambil barang Anda.

 

Tebing karang yang memisahkan pantai Batu dengan pantai Teluk Ijo

Asal-Usul Pantai Teluk Ijo

Keindahan pantai Teluk Ijo dilihat dari atas

Pantai ini diberinama pantai Teluk Ijo yang diambil dari warna air laut yang berwarna hijau jika dilihat dari kejauhan. Hal ini berbeda dengan kebanyakan air laut yang berwarna biru. Warna hijau tersebut disebabkan oleh tumbuhan alga yang berada di dasar laut sehingga memantulkan warna hijau ke permukaan laut. Selain itu, pepohonan di sekitar pantai memperkuat karakter hijau. Pantai ini terletak di sebuah teluk. Inilah yang melatarbelakangi pembentukan nama Pantai Teluk Ijo.

 

Lokasi Teluk Ijo

Teluk ijo terletak di pantai selatan tepatnya di Kecamatan Pesanggaran Desa Sarongan. Pantai ini berjarak ± 90 km ke arah selatan dari kota Banyuwangi, sedangkan dari Jember ± 105 km. Pantai ini masih satu jalur dengan pantai Pulau Merah, tepatnya di sebelah barat pantai Pulau Merah.

Peta Lokasi: klik di sini

Rute dan Jalur Menuju Teluk Ijo

Untuk menuju Teluk Ijo dari arah Banyuwangi maupun Jember tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Rajegwesi. Rajegwesi merupakan pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri. Sampai di Rajegwesi Anda akan menjumpai pertigaan, yang ke kiri menuju pantai Rajegwesi dan yang ke kanan menuju pantai Teluk Ijo.
Ada dua jalur untuk sampai ke pantai Teluk Ijo, diantaranya :

1. Jalur Darat

Jarak Rajegwesi dengan Teluk Ijo ± 2 km yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 1 jam. Letak Teluk Ijo tidak jauh dengan pemukiman penduduk, untuk Anda yang berkendara bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk lalu meneruskan perjalanan menuju Teluk Ijo sejauh 1 km dengan berjalan kaki atau bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir dekat Teluk Ijo dengan biaya Rp 3.000,- untuk motor dan RP 10.000,- untuk mobil, tetapi untuk menuju tempat parkir tersebut harus melalui jalan tanjakan rusak bebatuan.
Dari tempat parkir menuju penunjuk arah (tangga) berjarak ± 1 km dengan jalan berbatu dan dari penunjuk arah ke pantai Teluk Ijo berjarak 1 km. Dari sini Anda akan melalui jalan setapak dengan medan yang menantang sehingga sebelum petualangan dimulai, pastikan Anda menggunakan sepatu atau sandal gunung yang sesuai. Selama perjalanan, Anda akan menjumpai spot-spot yang indah.

Di perjalanan, Anda akan menjumpai pantai Batu. Dikatakan pantai Batu karena di pantai ini terdiri dari batu-batuan yang berjejer rapi bukannya pasir seperti pantai biasanya. Dari pantai Batu, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Teluk Ijo yang terletak ± 300 m setelah pantai Batu. Bagi Anda yang menyukai petualangan, jalur darat dapat menjadi pilihan. Melalui jalur darat ini seperti pepatah “bersakit-sakit dahulu bersenang kemudian”, lelahnya menuju pantai Teluk Ijo terbayar dengan keindahan yang disuguhkan.

Pantai Batu yang pesisirnya tertutup oleh batu-batuan dengan berbagai ukuran, sehingga nyaris tidak tampak pasir di pantai ini

2. Jalur Laut

Ini jalur yang paling mudah dan cepat, hanya dengan naik perahu selama 15 menit. Anda bisa menyewa perahu nelayan dengan tarif satu kali jalan Rp 25.000,-/orang dan PP Rp 35.000,-/orang.

Agar dapat merasakan semua jalur, saran saya berangkat dengan jalur darat saat kondisi masih semangat dan pulang dengan jalur laut saat kondisi sudah lelah.

Tiket Masuk Pantai Teluk Ijo

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Teluk Ijo bersama kerabat atau keluarga, tidak usah khawatir dengan harga tiket masuknya karena harga tiket yang sangat ramah yaitu hanya Rp 5.000,-/orang (weekdays) dan Rp 7.500,-/orang (weekend), untuk tiket masuk kendaraan roda 2 yaitu Rp 5.000,- sedangkan kendaraan roda 4 yaitu Rp 10.000,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *