Pesona Pantai Sukamade (Turtle Beach) Banyuwangi

Pantai Sukamade adalah salah satu pantai yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, di mana kawasan ini terkenal sebagai surganya flora dan fauna. Pantai Sukamade atau Turtle Beach merupakan istana bagi penyu, setiap tahun penyu-penyu mendarat kesini untuk bertelur. Di kawasan ini terdapat penangkaran penyu dan penetasan semi alami untuk telur penyu yang telah dikumpulkan petugas, setelah telur menetas sebagian tukik (anak penyu) dilepaskan dan sebagian lagi dipelihara. Nah, di sinilah tempat penyu-penyu dilestarikan. Tidak hanya keindahan pantai yang dapat dinikmati di pantai Sukamade, wisatawan juga dapat menyaksikan secara langsung penyu bertelur dan pelepasan tukik (anak penyu) ke lepas pantai.

Sekali bertelur dapat menghasilkan hingga ratusan telur dengan lubang 50-60 cm dan lebar 10-20 cm

Tukik-tukik yang dilepaskan ke lepas pantai

Habitat Penyu Terbesar di Indonesia

Pantai Sukamade menjadi habitat penyu di Banyuwangi selain Pantai Ngagelan. Sukamade adalah tempat bertelur penyu-penyu raksasa dari Samudera Hindia dan Pasifik. Hal ini tidak lepas dari letak Sukamade yang terpencil, suasana yang tenang, dan hutan tropis alami sehingga penyu-penyu bisa bertelur dengan tenang dan aman, minim gangguan manusia dan habitatnya pun terjaga.

Pantai Sukamade merupakan habitat penyu terbesar di Indonesia karena pada puncaknya (musim kemarau) penyu yang mendarat bisa mencapai 80 ekor mulai petang sampai pagi, namun akhir-akhir ini jumlahnya terus menurun hingga tinggal belasan ekor saja. Salah satu penyebabnya yaitu banyaknya lampu di kapal-kapal nelayan yang mencari ikan di sekitar Pantai Sukamade sehingga membuat lokasi perairan menjadi terang. Hal tersebut mengakibatkan penyu takut untuk mendarat karena ia tidak suka cahaya. Oleh sebab itu, dilarang menyalakan lampu di pantai agar kondisi pantai tetap gelap gulita dan membuat kondisi sealami mungkin untuk penyu mendarat.

Spesies Penyu di Sukamade

Terdapat 4 dari 6 spesies penyu yang ada di Indonesia yang dapat Anda lihat di Sukamade diantaranya:
1. Penyu Hijau (Chelonia mydas), sesuai namanya penyu ini berwarna agak hijau pada bagian lemak (dibawah cangkang)

2. Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), penyu ini memiliki karapaks yang bertumpuk atau tumpang tindih seperti sisik ikan.

3. Penyu Slengkrah/Lekang (Lepidochelys olivacea), penampilan penyu ini serupa dengan penyu hijau tetapi kepalanya secara komparatif lebih besar dan bentuk karapaksnya lebih langsing dan bersudut.

4. Penyu Belimbing (Dermochelys coriaceae), penyu ini memiliki karapaks berbentuk juring-juring seperti buah belimbing, tidak berpetak-petak seperti pada jenis penyu lain, dan tubuhnya berwarna hitam dengan berbintik putih.

Dari empat spesies penyu tersebut, Penyu Hijau adalah spesies yang paling banyak mendarat serta mudah ditemukan bertelur di Pantai Sukamade. Pantai ini juga pantas disebut sebagai tempat pendaratan Penyu Hijau terbaik di Indonesia.

 

Fasilitas di Sukamade

Sukamade menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin melihat penyu bertelur karena penyu mendarat pada malam hari sekitar jam 19.30. Ada dua pilihan penginapan yaitu di desa Sukamade yang berjarak sekitar 4-5 km dari pantai dan di sekitar pantai Sukamade.

Di sekitar pantai Sukamade terdapat wisma atau penginapan milik PT Sukamade Baru, perusahaan kopi dan coklat milik PT Ledokombo yang cukup terawat. Mereka juga menyediakan makan malam dan sarapan.

Bagi yang suka petualangan, tersedia camping ground yang dilengkapi dengan pendapa sebagai tempat pertemuan. Fasilitas lain yang tersedia adalah musholla, kamar mandi umum, dan kantin yang buka di hari-hari libur saja. Untuk fasilitas listrik hanya dapat dinikmati dalam waktu terbatas, karena letaknya yang jauh di dalam hutan maka tidak ada jaringan listrik. Para petugas menggunakan genset untuk memasok kebutuhan listrik bagi pengunjung yang bermalam.

 

Lokasi Pantai Sukamade

Pantai Sukamade berada di kawasan Triangle Diamond (Segitiga Berlian) karena jika ditarik garis lurus dengan Pantai Plengkung dan Kawah Ijen akan terbentuk segitiga.

Pantai Sukamade berada di Desa Sukamade Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Lokasi pantai ini searah dengan Pantai Teluk Ijo, jika Anda berkunjung ke Teluk Ijo dan masih memiliki cukup waktu, sangat disarankan untuk melanjutkan wisata ke Sukamade. Teluk Ijo dengan Sukamade hanya berjarak  15 km tetapi membutuhkan waktu sekitar 2 jam karena medan jalan yang masih berbatu dan harus melewati sungai, ini merupakan petualangan yang cukup menantang adrenalin.

Peta Lokasi : klik di sini

 

Rute Menuju Pantai Sukamade

Kendaraan yang paling ideal untuk mencapai Pantai Sukamade yaitu menggunakan mobil 4×4 atau double gardan dan kendaraan sejenis off road lainnya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka tidak ada transportasi yang langsung menuju Pantai Sukamade.

Rute bisa ditempuh dari arah timur yaitu Banyuwangi Kota (rute dari Situbondo) atau dari arah Barat yaitu Jember.

Dari Banyuwangi Kota/Situbondo :
Banyuwangi Kota – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade
(dari terminal Karangente naik bis jurusan Jember/Surabaya dan turun di terminal Jajag)

Dari Jember/Surabaya :
Jember/Surabaya – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Rajegwesi – Sukamade
(jika naik bis turun di terminal Jajag. Jika naik kereta api turun di stasiun Kalibaru, lalu naik bis jurusan Banyuwangi dan turun di terminal Jajag yang berjarak sekitar 25 km)

Kecamatan Jajag merupakan titik transit karena menjadi jalan utama menuju Sukamade baik rute dari timur maupun barat. Dari terminal Jajag perjalanan dilanjutkan menuju Pesanggaran. Bis Jajag-Pesanggaran hanya ada dari pukul 07.00-16.00. Dari terminal Pesanggaran ke Sarongan/Rajegwesi tersedia angkot dengan tarif  Rp 10.000,-. Biasanya beberapa angkot hanya berhenti sampai pasar Sarongan, sebelum Rajegwesi. Pastikan tawar menawar dengan supir sebelum berangkat dari Pesanggaran. Jika tidak ada angkot yang menuju Rajegwesi, bisa menggunakan jasa ojek motor dari pasar Sarongan menuju Rajegwesi atau Sukamade.

Sepanjang perjalanan antara Rajegwesi-Sukamade, Anda akan merasakan pengalaman petualangan yang tak bakal terlupakan. Jalanan yang berkelok, menanjak bukit, batuan terjal, dan tanah berlumpur yang sengaja dibiarkan alami. Untuk mencapai Pantai Sukamade kendaraan harus melewati sungai dengan kedalaman 40 cm bahkan bisa mencapai 1 m saat curah hujan tinggi, ada lima anak sungai yang harus dilalui. Tiga diantaranya sungai besar, pada saat musim hujan airnya bisa setinggi mobil jeep. Tentu ini akan menjadi petualangan yang sangat menantang. Bagaimana??? Seru kan petualangan menuju Sukamade, namun semua kelelahan akan terbayar sesampai di lokasi.

Jika menggunakan motor bisa menyeberang sungai dengan gethek

Indahnya Sunset Sukamade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *